jual kain batik meteran

bisa pilih desain yang sudah ada atau custom sesuai selera

motif unik

kualitas terbaik

garansi kepuasan

apa yang anda butuhkan?

Kain batik untuk pribadi, keluarga, instansi, sekolah atau kantor? kami melayani penjualan kain batik meteran untuk segala kebutuhan Anda.

Terima pemesanan kain batik dalam jumlah besar, bisa request bahan dan custom logo sesuai instansi Anda. Proses pengerjaan cepat dan memuaskan. Silakan konsultasikan dengan CS kami.

Kain batik merupakan warisan nenek moyang yang perlu terus dilestarikan yang mempunyai nilai keindahan dari setiap motif yang ada. 

About us

Produsen Kain Batik

Kami adalah produsen kain batik di solo tepatnya sragen sejak puluhan tahun yang lalu di bantaran sungai bengawan solo, yang telah turun temurun sejak nenek moyang kami

Kami jual kain batik pilihan terbaik, unik dan kustom, buatan tangan yang kami produksi sendiri

Batiks fabric selection for the very best in unique or custom, handmade pieces from our shops.

kain batik meteran murah

Mengenakan batik bukan lagi sekadar wujud rasa bangga terhadap kebudayaan tanah air. Namun, kain batik sudah menjadi tren masa kini.

apa itu kain batik?

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. 

Merupakan kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori.

Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik.

Why choose us

mengapa beli kain batik di tempat kami?

berpengalaman

Kami telah berpengalaman puluhan tahun produksi aneka jenis kain batik, dengan pengerjaan tepat cepat dan berkualitas.

harga terjangkau

Anda penasaran harga kain batik per meter? hubungi kami, kami beri harga terbaik sesuai kualitas di pasaran.

one stop batik shop

Satu tempat untuk semua kebutuhan batik anda, dari mulai custom logo, potong kain batik meteran hingga jahit kemeja, tunik, maupun blouse batik.

Ukuran Kain Batik

Penggunaan batik sebagai seragam adalah kewajiban, sudah di atur oleh pemerintah, baik itu PNS, pegawai swasta maupun seragam sekolah. setidaknya 2 hari dalam seminggu.

Kini memakai batik adalah trend dan wujud kebanggan pada budaya indonesia. Seragam karang taruna, seragam pkk juga kegiatan non formal lain beramai ramai memakai kain batik sebagai seragamnya.

Berikut detail perkiraan kebutuhan kain batik untuk membuat busana, dibawah ini untuk lebar kain kain batik 1,15 meter

Celana pendek membutuhkan 1,25 sampai 1,5 meter kain batik

Kemeja lengan pendek membutuhkan 1,75 sampai 2 meter kain batik

Celana panjang membutuhkan 2,25 sampai 2,5 meter kain batik

Kemeja lengan panjang membutuhkan 2 sampai 2,25 meter kain batik

Dress pendek selutut berlengan pendek membutuhkan 2,5 – 3 meter kain batik

Blouse lengan panjang membutuhkan 1,75 sampai 2 meter kain batik

Perkiraan tersebut untuk lebar kain 1,15 meter, Tentu kebutuhan kain tidak sebanyak itu jika lebar kain batik 1,5 meter

Jika anda masih bingung dan tidak tahu, hubungi kami untuk konsultasi, kami beri rekomendasi terbaik dengan harga istimewa.

Asal usul kain batik

Lalu, tahukah Anda kalau sejarah batik tidak hanya ada di Indonesia? Teknik batik bisa pula Anda jumpai di negara lain. Meski begitu, perkembangan seni kain batik modern berkembang secara pesat di tanah air. Sebagai buktinya, Anda bisa menjumpai berbagai jenis batik khas. 

Teknik pewarnaan dengan memanfaatkan lilin sudah berkembang sejak abad ke-4 SM. Hal ini terbukti lewat penemuan kain pembungkus mumi yang memiliki lapisan lilin dengan pola tertentu. Teknik mirip batik ada pula di Tiongkok (Dinasti Tang), Jepang (Periode Nara), serta Afrika. 

Dalam buku History of Java yang ditulis Sir Thomas Stamford Raffles. Keberadaan batik bahkan menarik perhatian masyarakat Eropa

Di Indonesia, teknik pembuatan kain batik sudah ada sejak zaman Majapahit. Ahli sejarah Indonesia asal Belanda bernama Gerret Pieter Rouffaer percaya kalau teknik batik tersebut berasal dari India dan Srilanka, diperkenalkan abad ke-6 atau ke-7. Semenara itu, arkeolog Belanda J.L.A. Brandes dan sejarawan Indonesia F.A Sutjipto beranggapan kalau batik adalah asli Indonesia, berasal dari Flores, Toraja, Papua, dan Halmahera. 

Seiring dengan meningkatnya popularitas batik, teknik pembuatannya pun berkembang. Tidak hanya menggunakan canting, tetapi ada pula teknik batik cap dan batik sablon.

Cara Pembuatan Kain Batik Modern

Motif kain batik yang ada di pasaran saat ini sangat variatif. Keberagaman motif tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi cara pembuatan batik. Saat ini, Anda bisa menjumpai 3 pilihan teknik pembuatan batik, yaitu:

Batik Tulis

Teknik batik tulis merupakan cara pembuatan batik paling tradisional. Teknik ini dijalankan dengan menggunakan alat yang disebut canting untuk pembuatan motif.

Proses pembuatan batik tulis memerlukan waktu antara 2 sampai 3 bulan. Oleh karena itu, harga batik tulis di pasaran sangat mahal.

Batik Cap

Teknik cap hampir sama dengan batik tulis. Perbedaannya, alat yang digunakan bukan canting, melainkan alat cap berbentuk persegi.

Dengan teknik ini proses pembuatan batik jadi lebih praktis. Motif langsung dibuat oleh alat cap pada permukaan kain setelah dicelupkan pada cairan lilin. Selain itu, durasi pembuatan kain lebih singkat, yakni 2 sampai 3 hari.

jual kain batik meteran

Batik Sablon

Pembuatan batik dengan teknik sablon jauh lebih ringkas. Teknik batik sablon jadi pilihan untuk memproduksi kain batik secara massal dalam waktu singkat.

Namun, harga batik sablon relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan batik tulis dan batik cap.  kualitasnya yang juga rendah, umumnya gampang luntur. 

Keunikan kain batik terletak pada motifnya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perawatan agar gambar kain batik tidak memudar atau bahkan luntur. Anda perlu memiliki teknik khusus agar warna batik tidak mudah luntur. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktikkan dalam upaya merawat kain batik: 

Cara Merawat Kain Batik yang Benar

  1. Jangan Gunakan Sembarang Sabun

    Sabun untuk mencuci kain batik tidak boleh sembarangan. Gunakan sabun lerak yang dikenal sebagai alternatif sabun alami. Kalau kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menggunakan sampo rambut sebagai pengganti.

  2. Hindari Pemakaian Mesin Cuci

    Anda boleh saja mencuci pakaian lain dengan mesin cuci. Namun, hindari kebiasaan tersebut ketika mencuci kain batik. Lakukan pencucian secara manual menggunakan tangan. Langkah ini bisa membuat batik jadi lebih awet dan motif kain batik tidak mudah pudar.

  3. Rendam Air Hangat

    Proses pencucian kain batik tidak boleh menggunakan sikat. Sebagai gantinya, manfaatkan air hangat untuk merendam batik yang kotor. Kalau batik tersebut memiliki noda yang membandel, Anda bisa menghilangkannya dengan sabun lerak, sampo, sabun mandi, atau kulit jeruk.

  4. Hindari Menjemur Batik

    Menempatkan kain batik di bawah sinar matahari secara langsung membuat membuatnya jadi lebih cepat kering. Namun, kebiasaan tersebut berpotensi membuat gambar kain batik memudar. Sebagai gantinya, jemur kain di tempat yang teduh.

  5. Jangan Menyetrika Kain Secara Langsung

    Anda boleh saja menyetrika kain batik biar permukaannya rapi. Namun, jangan menyetrikanya secara langsung. Setrika kain batik dengan terlebih dahulu menutupinya memakai selembar kain.

  6. Simpan Kain dengan Baik

    Menempatkan kain batik di bawah sinar matahari secara langsung membuat membuatnya jadi lebih cepat kering. Namun, kebiasaan tersebut berpotensi membuat gambar kain batik memudar. Sebagai gantinya, jemur kain di tempat yang teduh.

  7. Hindari Pemakaian Parfum

    Terakhir, jangan menyemprotkan parfum secara langsung ke permukaan kain batik. Apalagi, kalau batik tersebut terbuat dari bahan kain sutera.

Itulah info lengkap yang perlu Anda ketahui terkait kain batik. Semoga bermanfaat.