Batik Mega Mendung

Seperti yang kita ketahui batik merupakan warisan budaya Indonesia yang mempunyai motif bervariasi. Salah satunya yaitu, batik Mega Mendung yang cukup populer di kalangan masyarakat. Motif batik yang satu ini juga terkenal di kalangan mancanegara dengan bentuknya yang sangat menarik, unik, dan keren.

Batik mega mendung adalah salah satu jenis batik yang memiliki motif khas dan bernilai tinggi. Motif mega mendung yang indah dan unik menjadi simbol kebesaran Tuhan dan kekayaan budaya Jawa, yang menjadikan batik mega mendung sebagai salah satu pilihan yang tepat untuk menghadirkan nilai estetika dan agama dalam busana batik.

Tentu saja di era sekarang ini model batik mega mendung tersebut juga dapat digunakan untuk membuat model baju yang kekinian dan menarik.

Sejarah Batik Mega Mendung

Sejarah batik Mega Mendung dalam referensi buku dijelaskan bahwa motif batik tersebut dikaitkan dengan pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien pada abad ke 16. Saat itu, Indonesia kedatangan bangsa China yang membawa berbagai macam budaya, salah satunya yaitu munculnya barang barang antik seperti piring, dan kain yang memiliki motif berbentuk awan.

Pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien ini memberikan jalan masuknya budaya dan tradisi China ke keraton Cirebon.

Pada saat itu para pembatik keraton mencoba untuk menuangkan budaya dan tradisi China ke dalam motif batik Cirebon. Salah satu motifnya yaitu Mega Mendung yang dihiasi dengan garis awan dengan bentuk lonjong, lancip dan segitiga.

Makna Batik Mega Mendung

Setelah mengetahui sejarah Batik Mega Mendung, ketahui juga makna motif batiknya yang pastinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketahui motif batik Mega Mendung yaitu memberikan makna bahwa setiap manusia sebaiknya dapat menahan amarah pada dirinya sendiri dalam keadaan dan kondisi apapun, seperti kondisi tertekan, sedih, dan terpuruk.

Dari motif batik Mega Mendung tersebut, kita diajarkan untuk selalu bersikap bijaksana dalam kondisi apa pun sesuai dengan awan yang mendung sehingga sangat menyejukkan suasana. Tak hanya itu, motif batik mega mendung ini juga menggambarkan sebuah kesan maskulin, dinamis, lugas, dan terbuka .

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, ketahuilah motif Mega Mendung juga mengalami banyak perkembangan dari modifikasi motifnya yang sesuai dengan permintaan pasar mulai dari adanya kombinasi motif bunga, motif hewan, motif tumbuhan dan lainnya.

Filosofi Batik Mega Mendung

Filosofi batik Mega Mendung dengan corak awan yang berkumpul di atas langit memiliki filosofi yang cukup dalam. Cuaca mendung menggambarkan suasana hati seseorang yang harus tetap dingin meskipun sedang merasa marah dan kesal sejalan dengan cuaca mendung yang memberikan suasana sejuk.

Warna motif Mega Mendung juga memiliki filosofi yang mendalam dari warna biru melambangkan sifat pemimpin bersikap mengayomi masyarakat. Tambahan gradasi pada bagian ornamen motif awan melambangkan melambangkan 7 lapisan langit, 7 lapisan tanah, dan 7 merupakan jumlah hari dalam satu minggu.

Awalnya, gradasi warna tersebut sudah ditentukan tetapi sekarang ini batik Mega Mendung tersebut sudah berkembang menawarkan warna lainnya sesuai dengan permintaan konsumen yang selalu berubah. Tetapi, makna motif Mega Mendung tetap harus dipertahankan, tidak boleh berubah-ubah.

Motif Batik Mega Mendung

Sekarang ini motif batik Mega Mendung memang terus berkembang sehingga motifnya pun cukup banyak, Yuk ketahui beberapa motifnya di bawah ini.

  1. Motif Batik Mega Mendung dengan Tanaman Merambat

Adanya tambahan motif tanaman merambat pada batik Mega Mendung menambahkan corak yang cantik sehingga Mega Mendung motifnya terlihat seperti bunga yang sedang merambat. Tentu saja, motif tersebut memberikan kesan yang inovatif dan baru pada ragam batik di era sekarang ini.

  1. Motif Mega Mendung Klasik

Berikutnya, terdapat motif Mega Mendung Klasik seperti batik prabuseno yang berbentuk motif awan sejajar dengan jumlah lebih dari satu yang berlatar belakang warna hitam. Nah, warna motif batik klasik tersebut biasanya merah dan biru. Tetapi, sekarang ini terdapat perpaduan warna hitam yang memberikan nuansa klasik.

  1. Motif Mega Mendung Kombinasi  Kupu-Kupu

Terdapat motif baju batik wanita Mega Mendung dengan tambahan motif kupu-kupu yang memberikan nuansa modern karena menonjolkan perpaduan dengan motif hewan. Nah, corak kupu-kupu terdapat di tengah-tengah deretan awan.

  1. Motif Mega Mendung Kombinasi Batik Kawung

Berikutnya, motif baju batik pria Mega Mendung dikombinasikan dengan batik kawung yang khas sebagai motif batik dari Jogja dan Solo. Oleh karena itu, model batik yang satu ini akan memberikan kesan yang modern.

  1. Motif Mega Mendung Multi Warna

Sekarang ini, Anda juga dapat menjumpai adanya motif Mega Mendung yang multi warna dengan latar belakang warna hitam yang bisa juga diubah dengan warna lainnya yang senada, seperti warna merah dan orange yang dapat dijadikan sebagai latar belakang warna yang cantik.

  1. Motif Mega Mendung Ungu dengan Kupu-Kupu

Kini juga terdapat motif batik Mega Mendung ungu dengan kupu-kupu yang dapat dijadikan sebagai pelengkap dengan berbagai variasi bentuk. Salah satunya yaitu variasi bentuk kupu-kupu yang cukup menakjubkan. Biasanya, Mega Mendung yang berwarna ungu cocok digunakan dengan kombinasi kupu-kupu warna putih polos.

  1. Motif Mega Mendung Motif Bunga Teratai

Anda juga dapat memilih motif Mega Mendung dengan bunga teratai yang terlihat sangat cantik dan feminim. Perpaduan warnanya dapat disesuaikan dengan warna favoritmu sehingga tidak harus berlatar belakang hitam.

  1. Motif Mega Mendung Bentuk Mega Mendung Lingkaran

Berikutnya, motif Mega Mendung yang modern yaitu berbentuk awan lingkaran sehingga terlihat begitu beragam dari motif biasanya. Tak heran kini banyak variasi bentuk lingkaran pada motif batik Mega Mendung.

  1. Motif Mega Mendung Naga

Motif Naga memiliki mitos dan legenda yang bersatu terlihat sangat menarik dengan melambangkan dan memberikan makna sebuah keberuntungan. Nah, makna batik Mega Mendung dengan Naga memang memberikan makna untuk meredam amarah seperti awan saat mendung.

  1. Motif Burung Bangau dan Mega Mendung

Untuk varian motif Mega Mendung yang modern tidak hanya terdapat kombinasi kupu-kupu, tetapi terdapat juga kombinasi burung Bangau yang keduanya bersatu membentuk gambar kain batik dengan lukisan yang cantik dengan warna merah yang khas.

Itulah ulasan mengenai sejarah, makna, filosofi, dan motif batik Mega Mendung yang kekinian sehingga membuat penampilanmu terlihat cantik dan menarik.

Leave a Comment