Batik Parang Kusumo

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan penghasil batiknya adalah Kota Solo. Batik yang ada di Solo ini memiliki corak dan juga warna yang sangat khas dan mencerminkan daerah tersebut. Batik yang terkenal di Solo adalah Batik parang.

Batik ini banyak variasinya dari mulai batik parang rusak, batik parang klitik, batik parang barong, batik parang slobog sampai dengan motif untuk batik parang kusumo sendiri. Demi menjaga ciri khas tradisional, para pengrajin batik parang kusumo ini masih menggunakan metode manual.

Hal itu demi tetap terjaganya ketradisionalan dalam proses pembuatan batik, alat yang digunakan pun manuan seperti canting, lilin panas dan menggunakan teknik batik tulis.

Motif Batik Parang Kusumo

Ada banyak ragam motif batik parang dan semuanya memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah dibedakan. Perbedaannya terletak pada jejeran pola yang memiliki bentuk huruf S yang dimana diletakkan dengan posisi diagonal tanpa terputus.

Akan tetapi ada yang berbeda dalam bentuk turunannya, misalnya saja batik parang kusumo ini. Nah agar bisa lebih mengenal lebih dalam tentang batik parang kusumo dibawah ini ada beberapa pembahasannya.

Asa Muasal Batik Parang

    Batik parang berasal dari Kota Surakarta, Solo dan ada juga yang mengatakan bahwa batik parang ternyata berasal dari Kota Yogyakarta. Gambar yang ada di batik parang ini bergambar pola yang cukup unik. Memiliki corak yang di lukis menyerupai huruf S dengan susunan sedikit miring diagonal tanpa terputus dan pola ini seringkali disebut dengan istilah pereng.

    Sekitar 1600 masehi awal kemunculan batik parang ini dan lebih tepatnya pada zaman pemerintahan Kerajaan Mataram Kartasura yang ada di daerah Kota Surakarta. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyebut batik parang ini berasal dari Kota Surakarta, Solo.

    Fakta lainnya bahwa batik parang ini adalah salah satu batik khas Indonesia dengan motif tertua yang ada di Indonesia. Motif turunan dari batik parang ini disebut dengan motif batik parang kusumo.

    Motif Batik Turunan Batik Parang Kusumo

    Turunan motif dari batik parang adalah motif batik parang kusumo dan motif turunannya ini memiliki bentuk seperti asalnnya yaitu memiliki susunan garis diagonal dan diisi dengan lengkungan tanpa putus.

    Jika kamu melihatnya lebih teliti, batik yang satu ini seperti terdapat lengkungan layaknya ombak laut. Kurang lebih ada dua frase kata dari kata parang dan juga kusumo, Kusumo sendiri berasal dari bahasa jawa yang memiliki makna bunga dan bisa diartikan juga sebagai bangsawan.

    Dari namanya ini bisa terlihat bahwa dahulu batik parang kusumo ini biasa digunakan oleh para bangsawan.

    Filosofi yang Terkandung dalam Batik Parang Kusumo

    Motif yang ada di batik parang kusumo ini terkandung makna dan filosofi yang mendalam. Bentuk dari batik parang kusumo ini memiliki bentuk layaknya ombak laut yang memberikan arti bahwasannya semangat harus tetap membara jangan sampai redup.

    Sedangkan motif yang mirip dengan huruf S ini memiliki makna bahwa segala sesuatunya harus berkesinambungan. Sedangkan untuk garis pereng yang ada di batik parang kusumo ini menjadi ciri khas tersendiri untuk batik parang kusumo.

    Garis miring yang ada di batik parang kusumo ini memiliki arti bahwa sebagai seorang manusia kita harus memiliki cita-cita serta memiliki prinsip hidup dan selalu mengutamakan kebenaran.

    Produk Baju Motif Batik Parang Kusumo

    Dahulunya batik parang kusumo ini adalah kain batik yang dipakai oleh kalangan bangsawan seperti raja dan juga ratu di dalam keraton. Sehingga batik ini menghasilkan kain berupa kain jarik, baju dan juga bawahan.

    Namun saat ini kamu bisa mengenakan baju dengan motif batik parang atau batik parang kusumo meskipun kamu bukan keturunan bangsawan. Kamu bisa mendapatkan baju dengan motif batik parang ini di batik prabuseno.

    Batik prabuseno juga selain menyediakan motif baju batik pria, ada juga motif baju batik wanita yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

    Nah itu dia pembahasan tentang motif batik parang kusumo yang perlu kamu ketahui. Motif batik parang kusumo ini memang dahulunya hanya boleh digunakan oleh para petinggi dan juga bangsawan kerajaan.

    Namun sekarang seluruh masyarakat di Indonesia dan dunia bisa menggunakan baju batik dengan motif batik parang kusumo ini. Batik parang kusumo memiliki motif yang unik dan mudah dikenali dan banyak mengenalnya sebagai batik khas Solo dan Yogyakarta.

    Leave a Comment