Batik Slobok: Pahami Makna dan Fungsinya Agar Tidak Salah Menggunakan

Batik telah menjadi salah satu ikon Indonesia yang membuat banyak dunia jatuh cinta. Motif batik sangat beragam, mulai dari motif sidomukti, truntum, sawat, parang, kawung, satrio manah, slobog/slobok, dan beberapa motif lainnya. Namun tahukah kalian kalau motif batik mengandung makna filosofis dan peruntukan yang berbeda-beda?

Dari banyak motif ini, menggunakan motif slobok di acara pernikahan atau perayaan merupakan pantangan. Mengapa demikian? Untuk lebih mengenal batik slobok, mari sama-sama memahami makna, arti, dan fungsi dari motif ini.

Fungsi Batik Slobok

Kepopuleran batik di tengah masyarakat tidak serta merta dibarengi dengan pemahaman akan arti setiap motif dari batik itu sendiri. Beberapa orang bahkan tanpa sengaja menggunakan motif slobok pada acara pernikahan atau syukuran padahal hal ini dianggap tabu.

Fungsi batik slobok hanya dipakai untuk melayat orang yang meninggal. Selain dipakai oleh pelayat, kain motif ini juga digunakan untuk menutupi jenazah atau alas peti jenazah. Hal ini karena motif slobok memiliki makna khusus yang memang ditujukan bagi orang yang meninggal dunia. 

Arti Batik Slobok

kawung slobok

Kata slobok diambil dari bahasa Jawa lobok yang berarti longgar. Arti dari kata longgar di sini merupakan harapan jenazah akan mendapatkan kelonggaran atau kemudahan dan tidak menghadapi kesulitan saat menghadap ke Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Karenanya, memakai batik jenis ini ke upacara pemakaman menjadi bentuk doa bagi jenazah dan juga bagi keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan dan kesabaran. Karena itu, kita perlu berhati-hati saat hendak menggunakan batik dengan pola ini. 

Makna Motif Slobog

Motif satu ini memiliki corak kotak-kotak geometris dengan dua garis diagonal pemisah. Garis pemisah membentuk empat potongan segitiga di mana kalian bisa melihat bulatan dengan enam titik kecil yang mengelilingi bulatan tadi. 

Motif tersebut memiliki makna bahwa manusia memiliki siklus kehidupan bukan hanya di dunia. Setiap motif batik menggambarkan tahapan kehidupan manusia yang berbeda dan slobog memiliki makna kembali kepada Sang Ilahi. 

Slobog mewakili kehidupan setelah kehidupan di dunia. Karenanya, batik ini dipakai untuk menghantarkan jenazah ke pemakaman karena keluarga sedang menghantarkan arwah ke kehidupan setelah di dunia.

Alternatif Selain Slobog Untuk Trend

Buat kalian yang menyukai gaya geometris batik slobog tapi ingin menggunakannya untuk kebutuhan gaya atau sesuai trend terkini, ada alternatifnya kok. Karena sekarang kalian tahu bahwa tidak pantas menggunakan motif ini ke acara selain kematian, ada motif geometris lain yang nggak kalah menarik. 

Kalian bisa menggunakan motif kawung atau banji. Motif kawung atau corak kolang-kaling memiliki filosofi hati yang bersih atau itikad baik. Makna ini didapatkan dari buah kolang-kaling yang memiliki buah putih bersih walaupun kulitnya keras.  

Selain motif kawung, kalian juga bisa memilih motif banji. Kata banji diambil dari bahasa Tionghoa banzi yang secara harfiah memiliki arti sepuluh ribu. Karenanya, motif ini memiliki nilai filosofi keberkahan dan rezeki yang berlipat ganda.

Rekomendasi Batik Terbaik

Saat ini cukup banyak toko batik yang menjual berbagai macam corak dan desain baju menggunakan batik. Namun, jika kalian bingung mencari baju batik berkualitas dengan harga terjangkau, kalian bisa mengunjungi Batik Prabuseno. Batik Prabuseno menawarkan berbagai corak dan model batik sesuai kebutuhan dan selera. 

Selain menawarkan banyak pilihan dan kualitas yang tidak perlu diragukan, produk di Batik Prabuseno juga benar-benar terjangkau. Kalian nggak perlu menguras tabungan untuk bisa tampil gaya dalam balutan baju batik. Di sini, baju batik yang tersedia bukan hanya untuk wanita tapi juga pria.

Beberapa pilihan motif baju batik wanita di antaranya blouse motif rianty, mawarti, arimbi, sartika, raina, kawung berseri, adiba, blouse dayana batik cap, dan masih banyak lagi. Semua batik di sini rata-rata dibandrol di harga kurang dari tiga ratus ribu rupiah.

Motif batik baju batik pria pun nggak kalah beragam. Mulai dari baju batik untuk resepsi resmi hingga hang-out santai dengan teman. Batik Prabuseno menawarkan berbagai pilihan yaitu motif wulu pamulyan, jalaran parang, dewandaru abang boto, dewandaru ijo, cokroatmojo, makutho rojo, parang ukel, lapis laksono, hingga rantai ijo. 

Nah gimana? Sudah tahu kan sekarang apa arti, makna, dan fungsi batik slobog? Jadi, jangan sampai salah menggunakan corak batik ini di acara syukuran atau acara lain selain kematian ya.

Supaya tidak salah pilih motif batik buat mendukung penampilan kalian di berbagai acara, langsung saja kunjungi website resmi Batik Prabuseno atau kalian bisa langsung ke outlet kami di HTC GR-A21, Jl. Ir. Soekarno, Dusun I, Madegondo, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Leave a Comment