Tips Memilih Model Baju Batik Modern untuk Berbagai Keperluan

Tampil trendi dan modern bisa Anda lakukan dengan memilih busana yang tepat. Salah satu pertimbangan dalam berbusana trendi adalah dengan mengenakan model baju batik modern. Ada banyak pilihan model baju yang bisa Anda sesuaikan untuk beragam jenis kegiatan, lho.

Batik modern tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas formal. Dengan pilihan yang sesuai, Anda bisa pula mengenakan model baju batik modern untuk pesta atau mengikuti aktivitas casual. Hanya saja, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang bagaimana memilih model baju yang tepat.

Pertimbangan Penting Memilih Model Baju Batik Modern

Untuk pemilihan model baju batik modern yang sesuai, terdapat 5 faktor penting yang perlu Anda cermati, yaitu:

1. Motif Batik

Pertimbangan pertama adalah motif kain batik. Anda jangan hanya terpaku pada jenis motif yang disukai. Namun, pastikan kalau motif tersebut sesuai dengan kegiatan yang Anda datangi. Beberapa motif cocok digunakan untuk acara formal. Selain itu, ada pula motif batik yang lebih sesuai untuk kegiatan casual.

Kalau mencari batik casual, pertimbangkan untuk memilih warna yang cerah. Selain itu, Anda dapat mengedepankan pilihan motif berupa flora dan fauna. Sementara itu, batik formal bakal sesuai kalau Anda mengenakan batik dengan motif geometris yang memberi kesan rapi dan elegan.

Contoh baju batik modern untuk laki-laki yang sesuai untuk kegiatan casual adalah kemeja batik slimfit motif galing mas. Baju ini bakal membuat Anda terlihat lebih ramping. Sementara itu, kemeja batik slimfit motif muktiraja adalah pilihan menarik sebagai batik formal.

2. Jenis Batik

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan jenis batik. Di pasaran, Anda tidak cuma menjumpai pilihan model batik modern berbahan batik tulis. Selain batik tulis, ada pula pilihan lainnya, yaitu batik cap dan batik sablon. Nah, dari kedua opsi alternatif itu, batik cap menawarkan kualitas yang cukup bagus dengan harga terjangkau.

Seperti diketahui, batik tulis mempunyai harga jual yang sangat mahal. Harga baju batik tulis bisa mencapai angka jutaan rupiah. Sebaliknya, Anda bisa menghemat uang dalam jumlah besar ketika memutuskan untuk membeli batik cap yang harganya berada di kisaran ratusan ribu rupiah.

Dari segi kualitas, batik cap memang tidak sebagus batik tulis. Motif batik cap tidak sedetail seperti pada batik tulis. Hanya saja, proses pembuatannya tidak terlalu berbeda kalau dibandingkan batik tulis. Corak pada batik cap pun tidak mudah luntur, sehingga baju bisa awet dan tetap terlihat bagus.

Pilihan motif batik cap yang dapat Anda gunakan sangat beragam. Cek saja di Batik Prabuseno. Di sini, Anda akan menjumpai deretan motif yang menarik dan keren. Beberapa motif batik favorit di antaranya adalah motif parang ukel, florist, nayara, sogan, dan lain sebagainya.

3. Model Baju

Tips selanjutnya adalah pilihan model baju. Seperti halnya kain lain, batik bisa dibentuk dalam berbagai model baju. Anda dapat memilih desain busana sesuai dengan keperluan dan selera masing-masing.

Untuk model baju batik modern wanita, ada banyak pilihan desain yang bisa Anda gunakan. Model baju blouse adalah opsi favorit.

Blouse adalah pilihan model baju batik untuk pesta yang menarik. Di samping itu, blouse bisa pula Anda kenakan untuk pakaian kantor. Sebagai tambahan, ada model lainnya seperti tunik, outer, dan sebagainya.

Pilihan yang tak kalah beragam bisa Anda jumpai untuk baju batik pria. Anda dapat mempertimbangkan batik dengan lengan panjang atau lengan pendek. Selain itu, ada pula pilihan untuk mengenakan kemeja slimfit.

4. Jenis Kain

Faktor selanjutnya adalah jenis kain. Baju yang telah Anda pilih bisa saja memang mempunyai desain menarik dan sesuai dengan selera. Lalu, bagaimana dengan tingkat kenyamanannya? Tingkat kenyamanan pakaian bergantung erat pada jenis bahan kainnya.

Terdapat 3 jenis kain yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk baju batik, yaitu:

  • Kain Mori

Jenis kain yang satu ini sering jadi pertimbangan utama sebagai bahan untuk pembuatan baju batik. Kain ini dibuat dari campuran bahan alam seperti rayon, katun, dan sutra. Di pasaran, Anda bisa menjumpai kain mori yang sudah menjalani proses pemutihan dan belum.

  • Kain Santung

Ada pula pilihan kain santung yang punya tekstur halus. Kain ini memberi rasa dingin dan lembut ketika dipakai. Kain santung paling sering digunakan sebagai bahan untuk batik sablon. Meski begitu, ada pula kain batik cap dan batik tulis dari bahan kain ini.

  • Kain Sutra

Terakhir, ada jenis kain sutra yang dikenal sebagai bahan kain premium, sesuai untuk bahan baju batik modern wanita. Kain ini punya karakteristik sebagai kain yang jatuh, halus, lembut, dan terlihat mengkilap. Dibandingkan dengan jenis kain lain, harganya pun relatif lebih mahal.

5. Harga

Aspek terakhir adalah harga. Pastikan kalau baju batik modern yang menjadi incaran mempunyai harga yang sesuai dengan kondisi keuangan. Kain batik tulis dengan bahan dari kain sutra jadi pertimbangan tepat kalau ingin busana yang elegan dan mahal.

Sebaliknya, Anda bisa memilih model baju batik modern jenis batik cap atau printing yang punya harga relatif lebih murah. Secara penampilan, tidak kalah elegan dan bagus kalau dibandingkan dengan batik tulis.

Nah, itulah tips lengkap yang dapat Anda perhatikan ketika ingin membeli baju batik modern untuk berbagai keperluan. Untuk memenuhi keinginan Anda dalam memiliki baju batik berkualitas, pastikan untuk selalu berbelanja di Batik Prabuseno Official Store.

Anda bisa menjumpai banyak contoh baju batik modern yang berkualitas di sini. Harganya pun cukup terjangkau, dengan kualitas serta desain yang menarik. Tidak hanya baju batik untuk wanita, Batik Prabuseno juga menyediakan kebutuhan batik untuk pria. Lengkap, lho!

Leave a Comment