Batik Cirebon

Batik memang menjadi salah satu motif baju yang sudah terkenal sehingga sering digunakan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita.

Salah satu corak batik yang terpopuler di Indonesia yaitu batik Cirebon karena memiliki motif yang khas sehingga membedakannya dengan motif lainnya yang ada di Indonesia.

Bahkan, model baju batik Cirebon juga sering digunakan untuk membuat baju dari para desainer ternama. Dari berbagai motif batiknya yang keren dan menarik kini sering digunakan oleh  banyak orang dengan model baju yang bervariasi sehingga terlihat bagus yang cocok untuk outfit acara formal maupun non formal.

Sejarah dan Filosofi Batik Cirebon

Pada zaman dahulu terdapat percampuran antara budaya dalam masyarakat dengan tradisi religius saat Sunan Gunung Jati menyebarkan ajaran Islam d Cirebon sekitar abad ke 16.

Awalnya, motif batik berkembang di Pelabuhan Muara Jati atau Cirebon yang dulunya dijadikan sebagai tempat persinggahan oleh para pedagang asing dari India, Arab, Tiongkok, dan Persia.

Para pedagang menciptakan percampuran ragam budaya yang menghasilkan tradisi baru yaitu batik Cirebon.

Salah satunya yaitu batik karya seorang pemuka agama Islam yang bernama Ki Buyut Trusmi dan Sunan Gunung Jati yang menyebarkan Agama Islam sambil mengajari ketrampilan membatik kepada penduduk setempat sehingga kawasan tersebut dikenal dengan Kampung Batik.

Ciri Khas Batik Cirebon

Tentu saja batik Cirebon memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis batik dari daerah lainnya, Yuk ketahui ulasannya di bawah ini.

  1. Menampilkan motif wadasan (batu cadas)

Ciri khas batik cirebon yang pertama yaitu terletak pada desain klasik tradisional dengan adanya  ragam hias motif wadasan pada bagian-bagian yang disesuaikan dengan motif utama yang dipilih.

  1. Memiliki latar belakang warna muda

Selanjutnya, ciri khas batik cirebon yaitu mempunyai warna dasar kain batik berwarna lebih muda dibandingkan dengan warna garis motif utamanya.

  1. Dasar Kain Bersih dari Noda Hitam

Ciri berikutnya yaitu bagian dasar kain bersih dari noda hitam atau warna-warna yang tidak diinginkan yang merupakan penggunaan lilin yang pecah sehingga biasanya saat proses pewarnaan mengakibatkan zat warna menempel pada kain sehingga warnanya bisa bervariasi.

  1. Motif Batik dengan Garis Tunggal dan Tipis

Ketahuilah batik Cirebon ini memiliki garis tunggal dan tipis dengan ukuran kurang lebih 0,5 milimeter yang mempunyai warna garis yang lebih tua dibandingkan dengan warna latar belakangnya.

  1. Warna  Batik Cirebon Klasik

Ketahuilah warna batik cirebon klasik yang didominasi dengan warna hitam, kuning, dan warna dasar krem. Tetapi, terdapat warna lain juga yaitu warna biru,  merah tua, hitam, krem dan putih gading.

Motif Batik Cirebon

Terdapat beberapa motif batik Cirebon yang menarik dan bagus, seperti batik prabuseno yang dapat Anda pilih untuk membuat penampilanmu makin fashionable. Yuk, ketahui beberapa motifnya di bawah ini.

  1. Motif Batik Cirebon Singo Barong

Pertama, terdapat motif baju batik pria Cirebon Singo Barong yang identik dengan kendaraan keraton setiap harinya. Nah, kereta Singo Barong ini ditarik oleh empat ekor kerbau yang kuat. kendaraan ini biasanya dikendarai oleh seorang sultan.

Para pengrajin batik menggunakan motif singo barong yang terlihat sangat klasik, tetapi tidak meninggalkan nuansa modernnya.

  1. Batik Mega Mendung

Berikutnya, terdapat motif batik Mega Mendung yang bentuknya dihasilkan dari perpaduan gambar awan yang berbentuk lonjong, lancip, dan segitiga.

Motif ini sekarang sangatlah bermacam-macam motif dan warnanya. Ukurannya sekarang juga ada yang kecil maupun yang besar.

  1. Batik Paksinaga Liman

Motif Batik Paksinaga Liman merupakan salah satu motif dari Cirebon yang mempunyai ornamen kereta kencana paksinaga liman yang terdapat dalam cerita sejarah.

Nah, dilihat dari gambaran umumnya batik Paksinaga Liman dibentuk dari 3 bentuk binatang yang terdiri dari paksi yaitu garuda, naga yaitu ular, dan liman yaitu gajah. Ketahuilah, batik ini dibuat dengan warna dasar putih dan motif berwarna coklat.

  1. Motif Batik Singa Payung

Selanjutnya, terdapat pula motif batik Singa Payung yang mempunyai beberapa unsur yaitu unsur pohon, unsur tanaman, unsur gunung, unsur hewan, dan ornamen lainnya yang membuat desain batik terlihat makin indah.

Nah, batik cirebon juga mengeksplor tentang alam dan sekitarnya sehingga corak yang dihasilkan juga tergambar dengan eksotis.

  1. Motif Batik Patran Keris

Terdapat motif batik Patran Keris yang terlihat klasik karena belum ada ornamen tambahan yang masuk ke dalam karakter batik tersebut. Ketahuilah motif batik yang digunakan yaitu warna coklat gelap dan hitam. Meskipun klasik tetapi dapat membuat penampilanmu terlihat keren.

  1. Batik Cirebon Kompeni

Batik Cirebon Kompeni memiliki unsur utama yang digunakan dalam motif batik berupa ornamen fauna dan flora ditambahkan dengan simbol yang berkaitan dengan nuansa Cirebon.

Nah, ornamen yang ditambahkan pada motif batik Kompeni yaitu adanya cerita tentang kejamnya penjajahan VOC pada rakyat Cirebon di era penjajahan jaman dahulu.

  1. Motif Batik Cirebon Naga Silam

Motif batik Cirebon Naga Silam memiliki ornamen naga silam yang dapat dikombinasi dengan motif mega mendung. Meskipun, motif naga bukan merupakan ciri khas Cirebon tetapi motif tersebut merupakan suatu simbol kekuatan untuk melawan kejahatan. Nuansa gambarannya yang simple memberikan kolaborasi motif yang indah.

  1. Motif Batik Taman Teratai

Motif Batik Taman Teratai juga identik dengan batik Cirebon yang memiliki bentuk keindahan sendiri. Seperti bunga teratai yang tumbuh di air mempunyai bentuk nan indah dengan daun yang menjulang dan subur.

Nah, gambaran bunga teratai tersebut melambangkan keindahan dengan ada banyak tanaman bunga yang tumbuh di Cirebon di sepanjang wilayah.

  1. Motif Batik Cirebon Wedasan

Motif batik Cirebon Wedasan identik dengan gambar daun, ranting, dan unsur alam lainnya. Ketahuilah bahwa motif Wedasan tersebut merupakan salah satu motif nuansa keraton yang dibalut indah dengan warna dasar putih atau coklat.

Ketahuilah sekarang ini terdapat motif wedasan dengan berbagai variasi warna yang menambahkan hasanah batik tersebut tanpa menghilangkan filosofi dan makna dari batik itu sendiri.

  1. Motif Batik Sawat Pengantin

Motif Batik Cirebon Sawat Pengantin asal Cirebon memiliki arti motif sayap atau lar. Nah, motif yang satu ini merupakan motif batik khas dari batik Trusmi yang sering digunakan oleh sepasang pengantin yang akan menjalani prosesi pernikah.

Filosofi dari batik Sawat Pengantin yaitu memiliki arti untuk melindungi pengantin dari marabahaya dalam kehidupan yang dijalaninya. Tentu saja, motif batik yang satu ini sangat identik dengan nuansa cirebon dengan variasi warna-warna klasik yang terlihat indah saat digunakan.

Dari penjelasan diatas, Anda dapat mengetahui sejarah, filosofi, ciri khas, dan motif batik Cirebon yang memiliki keindahan sendiri dari berbagai variasi bentuk dan warnanya.

Leave a Comment